Pendidikan merupakan salah satu tombak kemajuan suatu Negeri dan mengajar merupakan hal yang sangat diperlukan untuk meningkatkan pendidikan bangsa dan memajukan kecerdasan anak bangsa. Peran guru sangat diandalkan dalam meningkatkan kemampuan siswa dibidang akademik maupun non-akademik di sekolah. Namun kenyataan yang ada adalah siswa tidak semangat untuk pergi belajar ke sekolah. mengapa?
setelah bertanya pada beberapa siswa menengah mengapa mereka malas belajar? jawaban mereka adalah karena membosankan, pikiran selalu terbebani oleh setiap mata pelajaran di sekolah, kurang tidur dan kapasitas tas yang berat karena harus membawa banyak buku dalam tas. bagaimana guru mengatasi masalah yang mungkin di alami oleh setiap siswa sekolah menengah ini? caranya adalah membuat sistem pengajaran yang lebih efektif , tak harus dari textbook tapi guru bisa membuat pembelajaran lebih menyenangkan looohhh.. :D
Mengajar? semua orang bisa menjadi guru dan mengajar, tapi apakah pengajaran yang dilakukan oleh seorang guru sudah efektif dan berjalan dengan baik? Apakah guru sudah merencakan pembelajaran yang efektif untuk siswa?
seorang guru harus memiliki rencana dalam mengajar, mengapa? karena memiliki bahan dan pelajaran siap sebelum hari dimulai akan membantu menjaga lingkungan belajar terus menerus di kelas (Lemlech, 2006). Sehingga pentingnya membuat rencana mengajar di sekolah menjadi hal yang harus diperhatikan dan dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna dan memotivasi siswa. gimana caranya? yuk kita sama-sama berdiskusi disini:
menurut pendapat siswa menengah bahwa sekolah itu membosankan, yaa mungkin guru bisa sedikit mengubah cara mengajar, jangan membebani siswa dengan memberi banyak hafalan dan harus membawa buku yang banyak ke sekolah, tapi beri mereka motivasi dengan memberi soal yang berbasis masalah atau mungkin memasukan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sehingga siswa pemikiran kritis siswa dapat terlatih sejak dini. naah menurut bie.com yang menyatakan bahwa proyek dapat memungkinkan siswa untuk mengatasi masalah masyarakat, mengeksplorasi karir, berinteraksi dengan mentor dewasa, menggunakan teknologi, dan mempresentasikan hasil kerja mereka kepada khalayak di luar kelas. Sehingga project based learning layak untuk di praktekkan di ruang kelas.
Di dalam kelas tidak semua siswa memiliki sifat yang sama, karena di setiap kelas memiliki siswa dengan berbagai karakter. Oleh karena itu hal yang selanjutnya akan kita diskusikan adalah menarik perhatian siswa atau antusisme siswa dalam mengikuti suatu pelajaran. kenapa sih? karena menurut Lemlech (2006) menyatakan bahwa antusiasme dan dorongan penting untuk membantu anak-anak terlibat dan tertarik pada pelajaran. Dibutuhkan cara yang kreatif dan efektif untuk dapat menunjang pendidikan di sekolah. Guru yang efektif pasti memiliki cara mengajar yang efektif pula, sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar di kelas.
Edmund Emmer dan
Carolyn Evertson (1981) menyatakan
bahwa manajemen kelas yang efektif
terdiri dari perilaku guru yang banyak melibatkan siswa dalam kegiatan kelas, dapat
meminimalisir jumlah siswa yang membuat kegaduhan dalam kelas dan memiliki
efisiensi penggunaan waktu intruksional. Menurutnya, Guru yang memiliki pengaturan
kelas yang efektif adalah:
- Memiliki peraturan dan rencana yang sangat hati-hati
- Sistematis mengajarkan kepada siswa
- Instruksi dilakukan untuk banyak melibatkan siswa dalam mengerjakan tugas
- Berkomunikasi secara langsung dan harapan kepada siswa.
- Memiliki peraturan dan rencana yang sangat hati-hati
- Sistematis mengajarkan kepada siswa
- Instruksi dilakukan untuk banyak melibatkan siswa dalam mengerjakan tugas
- Berkomunikasi secara langsung dan harapan kepada siswa.
Jika hal itu dilakukan dengan benar maka dapat menghilangkan
perasaan stress ataupun gerogi saat mengajar di kelas, ditambah lagi jika kita
memiliki murid yang memiliki karakter yang acuh tak acuh (susah diatur), maka
guru harus memilki rencana lebih dari satu sehingga proses belajar mengajar
bisa berjalan dengan baik dan sesuai rencana yang guru inginan, karena tidak
semua yang kita lakukan dalam kelas dapat berjalan dengan mulus, guru tidak tau
bagaimana dan apa yang akan terjadi di dalam kelas nantinya. Itu lah seru nya mengajar,
penuh kejutan, tantangan yang tak diduga dan sebagai guru juga harus kreatif dalam
menyusun rencana mengajar yang efektif.
buatlah sistem pembelajaranmu bervariasi jangan terlalu monoton dan melakukan kegiatan yang sama setiap harinya, sehingga siswa menjadi penasaran setiap kali memasuki kelas yang akan di ajar oleh kita "apa yah yang mau dilakukan kita dikelas nanti?" naah siswa juga bisa semangat dan antusias kan dalam belajar :). Jangan lupa untuk selalu memonitori proses belajar siswa, dengan memberikan kuis atau pretest-posttest untuk memantau proses belajar siswa. Dibuat tidak formal hanya evaluasi sejauh mana sih siswa paham materi yang telah guru berikan selama ini.
naahh.. sekarang bagaimana dengan kamu? Apakah sudah merencanakan pengajaran yang keren? kece? ditunggu inovasi pembelajaran yang kreatif lainnya yah :).
Oiya hampir lupa, satu hal yang perlu di perhatikan adalah jangan paksa siswa untuk dapat mengerti dan mahir pada seluruh mata pelajaran di sekolah tapi motivasi siswa saat belajar di kelas. biarkan siswa memilih bidang atau pelajaran yang di minati nya serta mengembangkan apa yang menjadi minat siswa dan asah, sehingga siswa dapat mencapai sukses di bidang yang mereka minati masing-masing.
By : Firqotun Najiyah
buatlah sistem pembelajaranmu bervariasi jangan terlalu monoton dan melakukan kegiatan yang sama setiap harinya, sehingga siswa menjadi penasaran setiap kali memasuki kelas yang akan di ajar oleh kita "apa yah yang mau dilakukan kita dikelas nanti?" naah siswa juga bisa semangat dan antusias kan dalam belajar :). Jangan lupa untuk selalu memonitori proses belajar siswa, dengan memberikan kuis atau pretest-posttest untuk memantau proses belajar siswa. Dibuat tidak formal hanya evaluasi sejauh mana sih siswa paham materi yang telah guru berikan selama ini.
naahh.. sekarang bagaimana dengan kamu? Apakah sudah merencanakan pengajaran yang keren? kece? ditunggu inovasi pembelajaran yang kreatif lainnya yah :).
Oiya hampir lupa, satu hal yang perlu di perhatikan adalah jangan paksa siswa untuk dapat mengerti dan mahir pada seluruh mata pelajaran di sekolah tapi motivasi siswa saat belajar di kelas. biarkan siswa memilih bidang atau pelajaran yang di minati nya serta mengembangkan apa yang menjadi minat siswa dan asah, sehingga siswa dapat mencapai sukses di bidang yang mereka minati masing-masing.
By : Firqotun Najiyah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar